Kamis, 04 Desember 2014

SKRIPSI #1

momok yang paling mengerikan, membuat stres, depresi bahkan dari media yang kubaca ada yg bunuh diri akibat skripsi. oh NO! naudzubillah yah. kelewatan juga kalo mengakhiri hidup hanya karena skripsi. kasian.
well saya bukannya mau bahas tentang orang-orang yang mengakhiri hidupnya secara tragis akibat skripsi.

saya hanya mau curhat. curhat tentang semuaaaaaa kegalauan, kecemasan, kepusingan dan ke ke ke yang lain selama menjalani periode skripsweet ini. saya mempelesetkannya menjadi skripsweet biar saya selalu merasa sweet sweet selama bertarung dengannya. ini salah satu sugesti yang keren right? *catat : udah banyak yg namain skripsweet sih. hufth nggak kreatip bingits!*
mungkin karena sugesti itu juga yaa tapi pastinya udah takdir dari Allah ya, dibalik kegalauan dan kepusingan skripsweet saya. banyak juga hal-hal manis yang kudapat loh. hehe. Alhamdulillah.
skripsi itu kurang lebih sama seperti kopi campur susu, kopi susu. selayaknya kopi yang rasanya pasti pahit, tapi kalo di tambah susu pasti rasanya jadi manis-manis pahit. sama persis dengan skripsi. skripsi itu pahit. tapi ketika kita menjalani prosesnya dengan senang hati, akan banyak hal manis berdatangan. maklum saya penggemar segala jenis kopi. hehe

cerita saya dimulai dari sini.

seperti layaknya fakultas kedokteran khususnya jurusan fisioterapi, kami hanya melewati 7 semester selama S1 berbeda dengan S1 pada umumnya yang menargetkan 8 semester bahkan banyak yang lebih ya sampai semester 10 dst. ini karena setelah jenjang S1, kami masih harus menjalani coass selama 1.5 -2 tahun. 
nah kebetulan saya sekarang udah tahap terakhir di semester 7 ini. seperti biasanya mahasiswa semester akhir pasti mesti menyelesaikan skripsi right? 

bayangan awal skripsi itu rasa-rasanya bikin kepala ini mau meledak. gimana nggak, banyak banget cerita-cerita tragis mengenai skripsi. haha. tapi ternyata setelah menjalani sebagian prosesnya. nggak se-mengerikan cerita yang beredar loh. buktinya saya masih hidup sampai sekarang. hahah. 

sekitar awal oktober, ketua prodi tercinta udah mewanti-wanti untuk nyiapin judul skripsi. asli kami seangkatan mulai menggalau hari itu. bingung, panik, cemas semua menjadi satu. udah lama sih di suruh nyiapin judul skripsi, semenjak awal semester 6. tapi kita kan masih males. masih menunda sampai deadlinenya oktober kemarin dan satupun dari kami belum punya judul sama sekali. *terkecuali anak-anak yang rajin ya haha* beberapa hari saya galau aja terus, mentok nggak punya ide sama sekali. 

ajaibnya, dipertengahan oktober ada pengumuman dari fakultas. tiba-tiba aja fakultas ngadain program yang namanya "hibah penelitian". nah kalo kita lulus hibah penelitian ini, akan dibiayai penelitian kita up to 15 jutaaaa...
hellooo saya sebagai beasiswa seeker udah pasti langsung melonjak-lonjak gembira mendengar informasi ini. yaa sapa tau aja penelitian (skripsweet) saya bisa lolos hibah itu kan. dimulailah perjuangan saya saat itu, karena deadline hibah itu cepet banget. hanya sekitar sepekan. sayapun benar-benar ekstra kerja keras. mulai dari masukin judul ke dosen. judul di rombak dll, dan akhirnya keluarlah nama pembimbing saya. dan taraaa setelah berjuang beberapa hari, kurang tidur, kurang makan, kurang segala-galanya. saya akhirnya dinyatakan lulus hibah penelitian. bayangkan gimana senangnya coba kalo kamu lagi butuh banget biaya untuk kerjain skripsi, trus tiba-tiba ada program "hibah" trus kamu coba-coba aja masukin proposal kamu dan kamu LULUS! hei bebas biaya skripsi loh. ini salah satu hal yang sangat manis kan :) meski memang butuh perjuangan ! 


yah nggak ada hal di dunia ini yang nggak butuh perjuangan kan :)
you never know how strong you are until being strong is the only choice you have

*bersambung...


4 komentar: