Minggu, 06 April 2014

save our environment fellas :)

setelah beberapa pekan terakhir sulit sekali mempertemukan waktu kosong teman-teman di sobat bumi makassar. 
finally...kemarin, di hari minggu pagi yang cerah. sobi makassar dan beberapa volunteer mengadakan kegiatan seru yang tentunya bertema lingkungan yaitu aksi menjaring sampah di pantai losari.

para sobi + volunteer berfoto setelah aksi

kegiatan ini bertema "SAVE OUR LOSARI". kami mengambil tema seperti ini, karena sangat miris melihat pantai losari yang merupakan salah satu wisata dan dibangga-banggakan oleh warga makassar selalu di penuhi oleh sampah, sampah yang kebanyakan adalah botol-botol plastik atau kantong kresek. hal ini diakibatkan oleh banyaknya pengunjung pantai losari yang tidak merasa bertanggungjawab terhadap lingkungannya. padahal kita ketahui sendiri long term effect akan sangat buruk jika tidak ada kesadaran dari warga. lama kelamaan air laut pantai losari akan berubah warna dan berbau akibat sampah-sampah tersebut.

seperti inilah salah satu pict yang sempat saya searching di google tentang sampah di pantai losari. namun alhamdulillah kemarin saat kami aksi, sampah-sampahnya telah berkurang, mungkin kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan mulai di sadari oleh warga pengunjung pantai losari. semoga saja ya.

back to topic,
setelah jam menunjukkan pukul 9, sobi makassar mulai beraksi. kami menyewa beberapa bebek-bebek di pantai losari untuk di gunakan berkeliling di laut. dengan berbekal jaring-jaring dan kantong sampah plastik. kami mulai menyusuri area pantai losari. menjaring sampah-sampah plastik yang ternyata masih banyak. wah hasil tangkapan sampah-sampahnya lumayan banyak loh.

intip yuk keseruan para sobi makassar + beberapa volunteer yang join.

dua sobi makassar lengkap dengan jaringnya plus sampah yang mereka tangakap

para sobi serius ya tangkap sampahnya. tapi sebelum itu tidak lupa foto-foto dulu dong hehe

wah para sobi bekerja sama menaikkan sampah raksasa nih ke bebek-bebek. seru banget ya!


ternyata sampahnya bukan hanya botol-botol plastik, karung besaarrr banget juga ada. ckckckckc


ini dia hasil tangkapan sobi. lumayan banyak ya.







Nah, teman-teman ini salah satu aksi kami untuk menjaga lingkungan. bukan hanya daratan ya yang diperhatikan. laut pun butuh perhatian ketika. sampai jumpa di aksi-aksi selanjutnya semoga selalu membawa manfaat bagi kita semua utamanya lingkungan kita.

Teman-teman juga harus selalu menjaga lingkungan, hal-hal kecil sekalipun seperti membuang botol plastik minuman kita ke tempat sampah bisa berpengaruh besar loh. coba bayangkan jika setiap individu menyadari hal ini. tidak akan ada lagi botol-botol plastik yang berserakan di sekitar kita. nah, selain menjaga lingkungan .. lebih menyejukkan dipandang bukan jika lingkungan kita bersih :)

“How can we be so arrogant? The planet is, was, and always will be stronger than us. We can't destroy it; if we overstep the mark, the planet will simply erase us from its surface and carry on existing. Why don't they start talking about not letting the planet destroy us?”
Paulo Coelho, The Winner Stands Alone 


Mari Belajar, Berbagi, Bergerak Bersama !


ingin join di aksi-aksi kami dan teman-teman di seluruh indonesia : 
Follow Twitter: @sobatbumi_Mks @sobatbumiID @
Join grup Facebook : SOBAT BUMI INDONESIA
Like Fanspage Facebook : Sobat Bumi Indonesia

Mari berbagi inspirasi dan menjadi inspirasi bagi siapapun :)
 




2 komentar:

  1. Aksi yang mantap. Iya benar sampah di pantai kebanggan kita itu memprihatinkan :(
    Semangat terus ya SOBI :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kakak mugniar. kasian. kemarin saat kami aksi warna dan bau air lautnya agak berubah. semoga ada kesadaran dari masyarakat. bahaya kalo terus berlanjut seperti itu. :)

      Hapus