Minggu, 13 April 2014

berbagi itu tak ternilai......

one sentence for today : what a hectic day :D
yapp.. hari ini adalah hari dimana kami melaksanakan proker (program kerja) terakhir kami di Biro Adik Asuh, salah satu Biro di UKM LDK MPM UNHAS. Berhubung saya belum pernah menulis mengenai biro ini, mungkin ada baiknya jika saya memperkenalkan sedikit mengenai biro ini. 

Biro Adik Asuh (BAA) merupakan salah satu biro dalam struktur kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pencinta Mushalla (UKM LDK MPM) UNHAS  yang dibentuk untuk membantu pengoptimalan syiar dakwah melalui pengabdian kepada masyarakat dari tri dharma perguruan tinggi, yakni dengan membantu adik-adik terutama yang putus sekolah karena terkendala masalah biaya pendidikan. Biro ini terbentuk sebagai wujud atas rasa keprihatinan dan kepedulian kepada masyarakat  yang berada di sekitar kampus Unhas

Biro Adik Asuh merupakan salah satu biro yang bersifat semiotonom, berorientasi pada pembinaan moral dan akhlak anak –anak demi terwujudnya masyarakat yang rabbani yang berada di sekitar kawasan kampus Unhas. Lembaga ini menjadi mitra bagi para civitas akademika Unhas dan masyarakat umum dalam mengembangkan wawasan adik asuh, baik moral, akhlak, intelektual, dan kepribadiannya. Sehingga adanya lembaga ini menjadi wadah dalam bertukar informasi, pikiran, dan gagasan serta menjadi wadah dalam memberikan bantuan bagi adik-adik yang kurang mampu
 
Nah, Biro ini merupakan satu-satunya biro di MPM yang objeknya adalah anak-anak. dan alhamdulillah sejak awal kepengurusan di MPM saya di tempatan di biro ini. -sesuai dengan kemauan saya sejak awal, kalian tau kan bagaimana rasanya jika harapanmu sesuai dengan kenyataan :)-  

back to topic, jadi hari ini kami melaksanakan program kerja terakhir yang merupakan puncak dari seluruh kegiatan di biro adik asuh. proker ini kami sebut TELAGA (Temu Keluarga Adik Asuh) yang bertema :
Sucikan Jiwa Dengan Berbagi, Menata Hati Dalam Indahnya Ukhuwah Demi Terwujudnya Generasi Rabbani
kegiatan ini bertujuan untuk mempererat ukhuwah antara pengurus, donatur, dan keluarga adik asuh. sosialisasi kegiatan BAA. pemberian beasiswa. dan memberikan sembako kepada orang tua Adik Asuh. 

kegiatan TELAGA ini juga dirangkaikan dengan beberapa lomba yang diikuti oleh adik-adik asuh dan beberapa TPA di sekitar Universitas Hasanuddin dan dilaksanakan sehari sebelum acara inti TELAGA (sabtu, 12 april 2014). Ada 4 item lomba yaitu mewarnai, menggambar, hapalan surah pendek, dan puitisasi Al-Qur'an. Alhamdulillah meski dengan segala keterbatasan panitia, kami tetap dapat melaksankan semua item lomba. 

ini beberapa foto saat lomba yang sempat di capture di smartphone saya. sayangnya kurang lengkap. tapi lumayanlah. hehe.






saya sangat prihatin sebenarnya melihat mereka lomba di tengah-tengah fasilitas yang tidak memadai, namun semoga hal itu tidak mengurangi semangat mereka untuk belajar. insyaAllah. ketika melihat fenomena ini, saya menjadi lebih termotivasi lagi untuk giat mencari donasi dari para donatur, untuk giat mencari dana dari swadaya halal agar bisa melengkapi fasilitas adik-adik kami saat belajar. semoga mimpi ini bisa tercapai as soon as possible

hari ini yang merupakan acara inti juga telah berakhir dengan sukses, Alhamdulillah.
intip yuk keseruannya *mohon maaf dokumentasi kurang lengkap, belum sempat di copy saat sy nulis :D* 








ini dia beasiswa untuk adik-adik Asuh kita. semoga bermanfaat buat adik-adik ya.

Menjadi kebahagiaan tersendiri memang ketika kita dapat membagi kebahagiaan dengan orang lain. rasa capek or letih saat persiapan pelaksanaan kegiatan lenyap begitu saja ketika melihat rona kebahagiaan di wajah orang tua dan adik-adik asuh saat mendapat beasiswa dan sembako. semoga hal ini dapat mengurangi beban hidup mereka meski sangat minim. saya mendapat banyak sekali pelajaran dari semua kegiatan-kegiatan BAA. Tak dapat saya deskripsikan dengan gamblang apa yang saya rasakan, mungkin kata bahagia saja yang paling tepat memvisualisasikan apa yang saya rasakan. begitu senang... begitu indah..... inilah yang disebut indahnya berbagi. subhanallah.

Teruntuk para donatur yang telah menyisihkan sedikit hartanya untuk adik-adik asuh kami, kami mengucapkan banyak terimakasih. semoga Allah membalas dengan balasan yang setimpal dan semoga hal ini dapat menjadi bekal kita ketika menghadap Allah di akhirat kelak. aamiin. kami segenap pengurus BAA dan panitia pelaksana mohon maaf jika terdapat kesalahan jika banyak hal yang terluput selama kepengurusan kami. semoga dapat menjadi pembelajaran bagi kami kedepannya.

saya ingin sedikit mengutip hadist ...semoga bermanfaat....
Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda : 
”Barangsiapa yang menghilangkan kesulitan dari saudara mukmin, maka Allah akan menghilangkan kesulitan darinya di hari kiamat,dan barangsiapa yang memudahkan orang sedang dalam kesulitan, maka Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim) anfaat.
oh iya, hampir terlupa. karena TELAGA hari ini hanya terkhusus untuk adik-adik asuh perempuan. maka insyaAllah TELAGA untuk adik-adik asuk Laki-laki tetap akan dilaksanakan 2 pekan depan. Jadi, jika ada dari para dermawan yang ingin merelakan sedikit hartanya untuk adik-adik asuh kami. Dapat menghubungi saya via facebook or twitter @ichaNFH atau dapat datang langsung ke sekretariat kami di Masjid Kampus Universitas Hasanuddin. Jazakillah Khair.....



3 komentar:

  1. Alhamdulillah .. ikut bahagia membacanya. Saat saya kuliah di UNHAS, belum ada kegiatan ini. Mudah2an terus berkelanjutan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak. alhamdulillah kalo membuat banyak orang bahagia :)
      siapa tau kakak mau ikut berpartisipasi menjadi donatur *teteup aksi cari dana ini*. hehehe...

      Hapus
  2. Wah, semangat ya! :)
    Aku juga suka banget kegiatan berbagi ilmu kayak gini. Sukses yaaaah:))
    oya, kamu dapet liebster award dari aku, cek disini : http://sarahyeareve.blogspot.com/2014/06/ini-punyaku-mana-punyamu-liebster-award.html

    BalasHapus